Kamis, 26 Maret 2020

SERIES I AWAL MULA KISAH TAK SEMPURNA INI DIMULAI


17/08/2012
 
PART I
            Hi, it’s me Bila. Thanks banget buat lo yang merelakan waktunya untuk membaca tulisan gue.
            Kita semua setuju bukan bahwa masa SMA merupakan masa yang paling banyak kenangan dan gak bisa kita lupain. Dimana di masa itu bisa merubah mainset kita tentang diri pribadi dan kehidupan. Mungkin ada yang merasa masa itu justru saat di bangku SMP, tapi tidak dengan gue. Bahkan justru di masa SMP lah yang hampir merusak masa depan gue. Disini gue akan sharing masa SMA gue yang sangat merubah hidup gue, dan ... ya gue sangat berterimakasih dengan masa itu yang menjadikan gue pribadi yang lebih baik lagi di masa depan.
            Hidup gue menjadi sangat menarik di mulai saat gue awal masuk SMA di tahun 2012, ya sebut aja MOS (Masa Orientasi Siswa), yang dimana gue sangat beruntung banget bisa masuk sekolah ini karna saat gue daftar online, kalo ada 2 orang lagi daftar ke sekolah itu ya gue bakal kesingkir di sekolah pilihan pertama gue dan berujung bakal sekolah dipilihan kedua gue. Yaitu sekolah yang di kota ini hampir gak ada yang mau untuk sekolah disana karna lokasi sekolah yang sangat terpelosok. Se begitu bodoh nya kan gue untuk masalah nilai dan akademis.
            Hari pertama orientasi gue baris di lapangan paling depan, secara tinggi badan gue pendek dan gue sadar diri. Saat itu disamping kanan gue ada kaka kelas yang bikin gue gagal fokus karna wajahnya. Dan saat itu juga gue tau nama dia dari nametag di baju seragamnya. Dia kaka kelas XI IPA 4, namanya Sahid sebenarnya bukan dia yang mau gue highlight dicerita ini. Tapi gue sangat berterimakasih karena Ka Sahid gue bisa bertemu dengan ‘dia’ dan teman-teman baru yang ngerubah hidup gue.
            Sebenarnya posisi saat itu gue punya pacar dari jaman SMP. Yaa kita pacaran udah cukup lama yaitu 1 tahun lebih. Tapi gue pengen banget pisah dari dia, karena dia bukan laki-laki yang baik. Dia perokok dan suka bolos sekolah. Mungkin bisa di bilang dulu gue SMP nakal karena bergaul dengan dia, gue suka bolos sekolah dan berbohong ke orangtua. Itu juga yang bikin nilai ujian SMP gue anjlok banget nilainya. Sekarang kita beda sekolah dan gue bahagia banget jauh dari dia karena sejujurnya sifat asli gue itu pendiem dan gak mudah bergaul tapi mudah percaya ke oranglain.
            Masa Orientasi Siswa gue lalu selama 4 hari, dihari terakhir ada display dari macam-macam kegiatan ekstrakulikuler yang ada di sekolah ini. Tepat pukul 9 pagi kita kumpul di lapangan sekolah untuk nonton display kegiatan ekstrakulikuler. Gue duduk di depan kelas X8, saat itu ada display dari ekskul Paskibra yang nampilin gerakan PBB mereka. Keren tapi gue ga tertarik saat itu dan gak terlalu fokus liatin nya karna mata gue sibuk nyari kaka kelas yang gue temui di hari orientasi pertama. Gak lama setelah display Paskibra tampil ada kaka tingkat yang nyamperin sekerubunan siswa baru yang duduk di pinggir lapangan. Saat itu gue di tanya oleh kaka kelas yang se waktu tadi display Paskibra “mau gabung gak de jadi anggota Paskibra? Agustus nanti mau ada pengibaran bendera”. Dengan lugu nya gue cuma diem karna gak tertarik dengan tawaran kaka kelas itu.
            Selang beberapa menit, ada kaka kelas lain yang menghampiri gue. Kaka kelas dengan kostum display Paskibra menggunakan baju PDU (Pakaian Dinas Upacara). Mata gue langsung tertuju oleh kaka kelas itu, dalam hati “ini yang gue cari sejak tadi”. Ka Sahid nawarin ke siswa baru untuk gabung jadi anggota Paskibra, tanpa pikir panjang gue langsung ngajuin nama gue buat gabung di ekskul ini.
            Hari senin pertama gue jadi siswa SMA, dan hari pertama juga gue pakai seragam putih abu-abu. Senin pagi seperti sekolah pada umumnya ada upacara bendera. Saat itu pertama kali gue liat secara detail wajah para anggota Paskibra yang tampil di upacara pagi itu. Ada sosok wajah yang sudah bisa gue tebak ada di barisan itu, ya benar Ka Sahid. Pagi itu dia bertugas sebagai pembawa naskah Pancasila. Betapa gagahnya dia mengenakan pakaian PDU serba putih dan peci hitam lengkap dengan pin garuda.
            Sepulang sekolah kita di wajibkan kumpul di XII IPA 3 untuk ekskul Paskibra, gue super exited karna bakal ketemu Ka Sahid. Di pertemuan ini kita di jelasin bakal ada pengibaran benderan 17 agustus di sekolah dan besok kita mulai latihan jadi di wajibin bawa baju ganti. Gue cukup sedih sih karna pada siang itu Ka Sahid gak hadir. Btw untuk panggilan kaka kelas di Paskibra yaitu Mas dan Mba, jadi mulai saat ini gue mulai manggil Mas Sahid.
            Keesokan harinya kita mulai latihan, cukup banyak yang ikut latihan untuk pengibaran nanti. Hm mungkin ada sekitar 100 lebih siswa baru yang latihan Paskibra siang itu. Gue bareng temen sekelas gue, Mega. Selama latihan gue cuma bareng dia doang karna sama yang lain belum saling kenal. Dua minggu sudah gue latihan, badan cape, kulit gosong karna di jemur siang hari di lapangan. Gue ga semangat banget latihan karna gak tau sejak hari itu gue galiat Mas Sahid lagi.
            Memasuki minggu ketiga udah mulai masuk bulan puasa, temen-temen lain satu persatu mulai mundur dari latihan mungkin karna cape selalu pulang sore. Gue pun jadi sering bolong puasa nya karna gak kuat nahan haus hehe. Tiga minggu lagi masa kita latihan pengibaran, mulai sedikit-sedikit gue kenal dengan temen dari kelas lain, termasuk ‘dia’.
            Sore ini ada buka puasa bareng anggota Paskibra di sekolah, hari itu juga gue liat Mas Sahid lagi. Jujur gue ga begitu seneng bisa liat dia, entah karna gue malu kulit gue gosong atau entah karna apa. Di acara buka puasa bersama kali ini gue baru ngerasain rasa nya kekeluargaan bareng temen-temen karna ini pertama kalinya gue ikut ekskul. Jadi gue gak harus selalu terfokus dengan pacaran, apalagi pacar gue itu bukan cowo yang bener. Disini kita saling menguatkan dan berdoa untuk kesuksesan pengibaran 17 agustus nanti, ya walaupun gue dapet di buntut atau barisan 45 dan di waktu penurunan bendera. Btw di Paskibra ini kita angkatan brigade 30 lho. Angka yang bagus ya.
            Seiring berjalannya waktu kita latihan, gak ada sih temen lain atau kaka kelas yang menarik perhatian gue. Semua sama, semua keluarga baru buat gue. Sampai tiba waktunya pengibaran bendera 17 agustus, gue baris di barisan paling depan biar gue bisa liat temen-temen gue tampil dengan jelas. Alhamdulillah sukses dan berjalan dengan lancar. Tiba saatnya  sore hari gue yang tugas untuk penurunan bendera. Banyak para alumni yang hadir juga untuk menyaksikan penurunan bendera, gue cukup gugup tapi semua nya sukses. Kerja keras latihan kita selama ini terbayar sudah.

^.^

1 komentar:

SERIES I HE'S JUST MY FRIEND, BUT I DON'T KNOW TOMORROW

14/09/2013 PART IV             Sekolah gue itu bisa di bilang sekolah kesenian, karna hampir tiap lomba atau acara yang berbau kese...